COBA

Selasa, 08 November 2011

SMA Negeri Unggulan M.H. Thamrin Jakarta : Sekolah Sains Pertama di Indonesia


  • PDF
0
SMAN-MH-Thamrin
Foto: Ace Suhendar
SMAN-MH-Thamrin1
Foto: Ace Suhendar

 
SMAN-MH-Thamrin11
Foto: Ace Suhendar
 
H-Djumadi
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin2
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin10
Foto: Ace Suhendar
 
Mau nyari anak-anak pintar, berprestasi, en jenius? Yesss... sekolah ini tempatnya! Dari titel di depan namanya aja udah “ngeri”, SMA Negeri Unggulan. Sekolah yang berlokasi di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur ini memang didirikan pada 13 Juli 2009 di atas lahan seluas kurang lebih 3 hektar dengan fasilitas serba wow! Seluruh ruang kelas berbasis TIK dan full AC, perpustakaan menyediakan lebih dari 30 ribu judul buku, lab super lengkap, ada auditorium, gedung serba guna, kolam renang, lapangan tenis dan sepakbola, masjid, kantin, dan asrama. Upzz yoii, SMA M.H. Thamrin merupakan boarding school yang juga bertujuan untuk mencetak siswa-siswi jagoan olympiade sains.
“Sekolah ini didirikan dari gagasan Pak Sutiyoso. Boleh dibilang inilah sekolah sains pertama di Indonesia karena kami hanya mengkhususkan untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Kami juga mencetak anak-anak kami untuk jadi jagoan olimpiade sains tingkat nasional dan internasional. Dengan begitu Pemda DKI gak perlu lagi kesulitan mencari bibit untuk diorbitkan ke tingkat dunia. Kami pun memfasilitasi siswa dengan ujian Cambridge,” jelas Kepala SMANU Mohammad Husni Thamrin Jakarta, H. Djumadi Mpd.
“Untuk penerimaan siswa baru kami gak memakai standar NEM. Kami menyeleksi siswa berdasarkan raport SMP. Nilai pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris dari semester 1 sampai 5 harus rata-rata 8. Kami juga hanya menerima siswa yang IQ minimalnya 120. Penting dicatat, setiap tahunnya kami memprioritaskan khusus anak-anak yang berdomisili di DKI Jakarta. Hanya 5 % siswa yang kami saring dari luar DKI Jakarta. Kenapa, karena dari awal sekolah ini disiapkan untuk mencetak anak-anak Jakarta yang berprestasi. Sesuai dengan nama sekolah ini yang terinspirasi dari pahlawan nasional asal Jakarta, M.H. Thamrin,” sambung Pak H. Djumadi, MPd.
Ide Boarding School juga dimaksud untuk membantu KBM siswa yang sangat padat tiap harinya. “Siswa kami belajar dari Senin sampai Sabtu, mulai dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Malamnya ada tutorial berupa pembahasan tambahan dari materi yang dipelajari siang hari. Dengan padatnya program belajar, sekolah menyediakan asrama bagi putra dan putri,” tambah Pak Djumadi.
Pantengin info lanjutannya di halaman facts. Sambil ngintip suasana sekolahnya deh.  
SMAN-MH-Thamrin3
Foto: Ace Suhendar
SMAN-MH-Thamrin4
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin5
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin6
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin7
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin8
Foto: Ace Suhendar
 
SMAN-MH-Thamrin9
Foto: Ace Suhendar
 
kolam-renang
Foto: Ace Suhendar
 
Facts
• Secara baru 2 tahun, jumlah muridnya baru 117 orang. Dengan perincian: kelas 1 (3 kelas) dan kelas 2 (3 kelas). Jumlah murid per kelas rata-rata 20 orang.
• Julukan populer sekolah ini ialah “School of Olympia” atau “Sekolah Olimpiade”.
• Tanggal 7-15 Januari lalu, SMANU M.H Thamrin Jakarta menjadi tuan rumah digelarnya lomba olimpiade sains, olahraga dan seni. Ada 630 siswa dari 58 SMP dan SMA favorit se Jabodetabek mengikuti lomba yang memperebutkan piala Mendiknas dan Kemenpora.
• Berhubung KBM dari jam 7 pagi sampe 4 sore, istirahatnya 3 kali: jam 10.00, 12.10 , en 14.10.
• Siswa hanya diizinkan pulang setiap weekend di minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya.
• Asrama menerapkan dispilin ketat. Gak boleh memilih teman atau berpindah-pindah kamar. Teman sekamar diprioritaskan untuk mereka yang sekelas dan 1 jurusan.
• Seragam sekolah: Senin (putih-putih), Selasa (putih-abu abu), Rabu (putih-abu abu dengan jas), Kamis (batik), Jumat (busana muslim), dan Sabtu (baju bebas)
Planning jangka pendek, akan dibuka lapangan hoki dan perpustakaan dibuka pada malam hari.
Reward buat siswa berprestasi akan diberikan bebas biaya SPP selama 1 bulan. Mantapsss.
• Iuran rutin bulanan or SPP sebesar 1 juta en kebutuhan makan-laundry asrama sebesar 1,2 juta.
• Tenaga pendidik profesional berijazah S-2 dan S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi A.
ayu
Fauzanil
Fauzanil Azmy Ketua OSIS/Foto: Ace Suhendar
Tiroy
Tiroy Junita/Foto: Ace Suhendar
lulu
Lulu Chairiza/Foto: Ace Suhendar
 
Prismaya-Ayu
Prismaya Ayu Ketua MPK/Foto: Ace Suhendar
 
samuel_leonardo_putra
Samuel Leonardo Putra/Foto: Ace Suhendar
 
Kontak
SMANU M.H. THAMRIN JAKARTA
Jalan Bambu Apus I Cipayung, Jakarta Timur
Telp (021) 84596769, 84597845, Faks (021) 84597916

0 komentar:

Poskan Komentar

WELCOME IN MY BLOG

WELCOME IN MY BLOG

musik

Pengikut